Internet & Specs Otomotif | @ FerryAnas.Com

Breaking

Senin, Februari 26, 2024

Pengertian Horse Power dan Torsi Dalam Industri Otomotif

Informasi Otomotif Terbaru

Istilah horse power dan torsi sangat akrab dalam dunia otomotif. Kedua istilah ini biasa terdengar, ketika orang ingin menjelaskan atau menggambarkan bagaimana tenaga yang dihasilkan oleh sebuah mesin baik mobil maupun motor. 

Pengertian Horse Power dan Torsi Dalam Industri Otomotif



Horse power dan torsi memang sama-sama menggambarkan kekuatan mesin mobil. Tetapi keduanya sangat berbeda. Horse power lebih mengarah pada kecepatan yang ada pada mobil. Sementara torsi berkaitan dengan kekuatan pada mobil atau kendaraan.

Kedua istilah ini juga memiliki jenis satuan yang berbeda, dengan hitungannya masing-masing yang akan menjelaskan secara komprehensif bagaimana kemampuan yang dimiliki oleh sebuah mesin kendaraan.

Singkatan dan Pengertian


Horse power atau HP pada mesin mobil berhubungan dengan satuan tenaga kuda pada sebuah mobil. Secara historis, istilah ini diperkenalkan seorang insinyur di Skotlandia yang menjelaskan kemampuan rata-rata sebuah kuda poni dalam mengangkut beban. Ia menjelaskan kuda poni itu mampu mengangkut 550 pound atau setara dengan 249,4 kilogram dengan jarak sejauh 30,48 cm dalam kurun waktu 1 detik. 

Berat tersebut kemudian dikalikan dengan 60 detik, sehingga menghasilkan 33 ribu foot pound per minute. Perhitungan ini yang kemudian menjadi dasar perhitungan baku 1 HP. Dalam dunia modern horse power atau daya kuda memiliki ukuran 1 horse power setara dengan 735,5 – 745,7 watt. Ini berarti pengukuran 1 horse power memiliki daya yang sangat besar untuk dijadikan sumber energi. Dalam perkembangannya hitungan daya kuda 1 HP sama dengan 764 watt

Torsi memiliki maksud berbeda, ia digunakan untuk menghitung suatu gaya yang dibutuhkan untuk memutar sebuah benda pada titik porosnya. Torsi penting untuk menggerakan kendaraan bermotor seperti mobil dari keadaan diam sampai melaju. 

Besar kecilnya torsi pada mesin biasanya berpengaruh pada percepatan perubahan letak suatu kendaraan dari satu titik ke titik yang lain. Torsi lebih menekankan pada tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Satuan Horsepower dan torsi


Kedua istilah ini memiliki satuan masing-masing. Horse power yang berhubungan dengan tenaga menjelaskan bagaimana sebuah energi yang dikeluarkan mesin mampu mencapai top speed atau kecepatan tertinggi. Satuan yang dipakai untuk tenaga itu adalah horsepower (Hp) atau PS (Pferdestärke). Berbeda dengan torsi yang menekankan perhitungan pada energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai kendaraan bergerak, yang identik dengan tenaga yang dihasilkan mesin. Satuan yang digunakannya adalah Newton (Nm) atau Kilogram Meter (Kgm).

Fungsi Horsepower dan torsi


Dari penjelasan dan uraian diatas kita dapat mengetahui, bahwa horse power dan torsi sangat berkaitan karena keduanya sama-sama menjelaskan kemampuan sebuah mesin kendaraan. Hanya saja keduanya memiliki fokus yang berbeda. Fungsi horse power diperlukan untuk menjaga agar laju kendaraan tetap terjaga dan semakin kencang karena tenaga yang dipasok dari mesin tetap stabil. 

Sementara torsi berfungsi untuk menjaga tenaga mesin agar mobil tetap bergerak dan menghasilkan horse power (HP). Contoh sederhana bagaimana keduanya bekerja adalah sebuah kendaraan yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi, akan membutuhkan torsi yang lebih sedikit. Tapi agar kendaraan tetap stabil ia membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi lagi, sehingga membutuhkan horse power yang lebih banyak lagi.

Berkaitan dengan kedua istilah di atas, horse power dan torsi. Keduanya sama-sama dibutuhkan oleh mobil. Namun kerap orang mempertanyakan sebenarnya mana yang lebih penting pada mobil. Hal ini bisa dijelaskan bahwa semua tergantung dari kebutuhan mobil tersebut. Biasanya kendaraan dengan bobot besar untuk angkutan barang atau penumpang seperti truk atau bus membutuhkan torsi yang lebih besar.

Sementara untuk mobil yang fokus pada performa tinggi misalnya mobil balap yang mengandalkan kecepatan lebih membutuhkan horse power yang tinggi. Biasanya mobil dengan kecepatan tinggi horse powernya bisa mencapai ratusan Hp.

Jadi sekarang anda sudah mengerti apa itu horse power & torsi pada mobil beserta. Keinginan untuk memiliki mobil dengan torsi yang lebih tinggi hingga bisa menghasilkan tenaga maksimal .

Description: Pengertian Horse Power dan Torsi Dalam Industri Otomotif Rating: 3.5 Reviewer: Ferry Anas ItemReviewed: Pengertian Horse Power dan Torsi Dalam Industri Otomotif