Teknologi Internet dan Smartphone Sebagai Alat Berbisnis - Ferry Anas

Our Blog

Teknologi Internet dan Smartphone Sebagai Alat Berbisnis

Interaktif , Informasi , Dunia Internet, Otomotif

Teknologi Internet dan Smartphone Sebagai Alat Berbisnis

Menjadi businessman/wirausahawan mungkin cita-cita sebagian orang, karena mungkin dengan berbisnis akan ada sensasi tersendiri dalam bekerja, tidak monoton seperti halnya bekerja sebagai pegawai. mungkn masih banyak alasan lain mengapa seseorang memilih untuk berbisnis daripada menjadi pegawai. Cara orang dalam melakukan bisnis pun berbeda-beda, baik dari 


teknik berbisnis, metode yang digunakan, bidang yang dijalankan sampai alat atau media yang digunakan untuk berbisnis.
Pada dasarnya berbisnis dapat dilakukan menggunakan mebagai alat atau media, seperti halnya sekarang ini, berbisnis dapat dilakukan dengan memanfaatnkan teknologi internet dengan menggunakan media web, dan ini telah menjadi trend bisnis masa kini dan diprediksikan akan menjadi trend hingga masa hadapan. Ada beberapa alasan mengapa berbisnis menggunakan internet menjadi pilihan dibanding berbisnis dengan metode lama (non-internet). Beberapa alasan tersebut antara lain :
Metode Elektronik (Internet)
•Akses pasar mudah
•Penilaian independent
•Negosiasi & penawaran standard
•Bersifat Paperless
•Alur informasi transparan
•Anywhere-anytime
•Bisa bersifat “maya”
Dan jika dibandingkan dengan metode klasik (non-internet) :
•Sulit promosi & akses pasar
•Harus Face-to-face
•Bersifat Paperwork
•Biaya tinggi & Birokrasi
•Prosedur manual
•Pasar kurang kompetitif
•Butuh pegawai banyak
•Butuh lokasi fisik
Itulah yang menjadi alasan mengapa teknologi internet menjadi pilihan.
Mencari uang di internet menjadi pilihan sebagian masyarakat pada saat ini. Hal ini merupakan pengembangan dari fungsi internet selama ini yang sebelumnya hanya dimanfaatkan sebagai media informasi dan sosial semata. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan keuntungan finansial dengan berselancar di dunia maya dan mendapatkan penghasilan yang menjanjikan sebagaimana jika bekerja di kantor. Mencari uang di internet kemudian banyak dikenal sebagai bisnis online. Dalam konsep ini, transaksi yang terjadi dilakukan tanpa harus mempertemukan kedua belah pihak, yaitu pembeli dan penjual secara langsung. Bahkan, komunikasi yang terjadi pun hanya menggunakan media yang bisa berupa media tulis, seperti email atau pesan singkat di telepon genggam, maupun komunikasi verbal melalui hubungan telepon .
Nilai dari internet terletak pada kemampuannya untuk mempermudah pekerjaan dan dengan biaya rendah menghubungkan banyak orang dari berbagai tempat di seluruh dunia. Seseorang yang mempunyai alamat internet (internet adress) dapat berinteraksi dengan suatu komputer dan menggunakan komputer lain dalam suatu jaringan, tidak memandang dimana lokasinya, apa tipe komputernya dan menggunakan sistem operasi apa saja. Keterhubungan global (global connectivity) melalui internet dan kemudahan penggunaan (ease of use) dapat menyediakan akses kepada dunia bisnis dan perorangan yang secara normal akan sulit dilakukan. Perusahaan bisnis dapat secara langsung menghubungi pemasok, rekan bisnis, atau pelanggan perorangan dengan biaya rendah, meskipun terletak sangat jauh secara geografis. Begitu pula bagi pengusaha, mereka dapat mencari outletbaru untuk produk atau jasa yang ditawarkannya secara lebih luas, karena internet memfasilitasi transaksi silang batas (cross border transaction) sehingga informasi mengalir lebih cepat. Selain itu, internet juga menyediakan media yang berbiaya rendah (low cost medium) bagi aliansi global dan organisasi maya (virtual organizations). Web merupakan tampilan antarmukuka (interface) standar. Dengan media internet, memungkinkan akses global dengan murah yang dapat dipergunakan untuk menciptakan sistem dalam sebuah organisasi (Eri Tristiyanto, 2010).
World Wide Web (WWW) atau disebut dengan istilah web, merupakan layanan yang sangat banyak digunakan dalam internet dimana terdiri atas kumpulan dokumen elektronik dari seluruh Negara. Setiap dokumen elektronik dalam web disebut sebagai halaman web (web page), dapat menyimpan teks, gambar, audio, dan video. Selain itu, halaman-halaman web biasanya tersambung ke dokumen-dokumen lainya. Situs web (Website) merupakan kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan, seperti dokumen dan gambar, yang disimpan dalam suatu server web. Server Web (Web Server) adalah komputer yang melayani permintaan halaman web dan mengirimnya ke komputer pengguna .
Ikuti Juga: 
Web bukan hanya merupakan kewajiban atau sekadar kebutuhan tersier bagi orang-orang “jetset“. namun disaat sekarang ini, memiliki website merupakan kebutuhan bagi tiap orang yang sedang dan ingin berkecimpung di dunia Internet Marketing. Bagi dunia Usaha, memiliki Website merupakan suatu hal yang harus dilakukan untuk menjawab tantangan di masa modern ini. dengan web, strategi marketing bisnis jadi bisa berjalan dengan jauh lebih efisien dan efektif. biaya distribusi dan promosi akan bisa dipangkas secara signifikan. artinya, web merupakan alat untuk mempromosikan produk – produk yang dimiliki perusahaan dengan cepat, sistem 24 jam, Water Flow Randomizing, tanpa perlu menggunakan jasa pihak ketiga dalam mendistribusikan barang dan jasa .
Selain website, akhir-akhir ini sedang gencar-gencarnya bermunculan gadget–gadget baru dengan aplikasi mobile yang dapat mendukung kinerja manusia untuk berbisnis, seperti halnya smartphone.
VMware menyatakan seiring perkembangan teknologi, membuat smartphone dan tablet kini bisa digunakan untuk mengakses layanan komputasi awan di kalangan enterprise. Penggunaan komputasi awan kini tidak hanya bisa diakses dari PC saja. Tablet dan smartphone yang saat ini memiliki banyak fitur yang terkoneksi dengan internet membuat keduanya bisa dijadikan perangkat untuk mengakses layanan komputasi awan di kalangan enterprise. “Sejak tahun 2010 pengguna smartphone dan tablet sudah lebih besar dibandingkan penggunaan PC dan diprediksi 2015 gempuran smartphone bisa mencapai 1,1 miliar unit, sementara tablet bisa mencapai 300 juta unit. Ini menunjukan, peran PC sudah mulai digantikan dengan perangkat yang lebih mudah seperti smartphone dan tablet,” ungkap Andreas Kagawa, Country Manager VMware Indonesia, di Hotel Mulya, Jakarta, Selasa (1/11/2011). “Saat ini kami bekerjasama dengan sistem operasi Android untuk membuat aplikasi bisnis yang dapat diakses hanya dengan memasukan pasword,” jelasnya. “Ketika pasword dimasukan maka tampilan dan fungsi ponsel Android bisa berubah menjadi fungsi bisnis dengan berbagai fitur yang dapat menunjang kegiatan bisnis tersebut. Namun aplikasi ini masih dirancang,” lanjutnya. Kagawa menerangkan aplikasi penunjang bisnis tersebut tidak terinstal atau tersimpan di memori ponsel sehingga ponsel tidak memerlukan kapasitas besar untuk menjalankannya. Semua aplikasi tersimpan di data center yang ada di Awan (Fiddy Anggriawan – Okezone, 2011).
BANGALORE – Smartphone dengan fitur yang lengkap dan ringan, menjadi unsur penting untuk menunjang kelancaran bisnis atau aktivitas di luar kantor. Tak mengherankan ponsel menjadi alat penting bagi pebisnis. Bahkan saat ini beberapa pengembang telah menawarkan aplikasi dan layanan untuk menunjang bisnis baik besar ataupun usaha kecil dan menengah (UKM). Venkat Mangudi Consalting, sebuah perusahaan yang menawarkan konsultasi IT untuk UKM di Bangalore mengatakan internet pada ponsel banyak digunakan sebagai media yang dapat mendukung aplikasi layanan konsultasi yang mereka buat. Ini jelas membuat pekerjaan para pengusaha menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga produktifitas mereka bisa lebih efektif. Seperti dikutip The Hindu, Senin (31/10/2011), banyaknya aplikasi dan layanan yang diberikan smartphone, membuat para manajer lebih pro aktif dalam bertukar data, yang bisa diakses hanya dengan menggunakan SMS atau email. Venguswamy Ramaswamy, Global Head iON sebuah perusahaan yang membuat layanan konsultasi ponsel juga menyatakan tenaga kerja yang berpendidikan tinggi kini rata-rata banyak mengabiskan waktu mereka untuk menggunakan ponsel. Saat ini ponsel merupakan platform yang digunakan untuk melakukan transaksi bisnis. Tren yang berkembang sekarang ialah menggunakan SMS sebagai media informasi dalam transaksi bisnis mereka. iON merancang aplikasi sedemikian rupa agar setiap transaksi bisnis dapat diakses ke perangkat mobile. Aplikasi ini berbentuk layanan persetujuan pembelian pesanan atau komunikasi ke pelanggan mengenai status pesanan mereka. 
Sekarang siapkah Anda menghadapi tantangan berbisnis masa kini dan masa depan? jawabanya adalah dengan menggunakan teknologi internet maka tantangan akan terselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ferry Anas Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.